Tingkat 6, lalu...

Sudah hampir 7 bula menjadi partisipan di sebuah web portal pariwisata, yaitu Tripadvisor. Proses partisipasi saya memag unik lantaran berawal dari kebutuhan informasi wisata di Makasar dan Pontianak di sebuah proyek pada Oktober tahun lalu dimana durasi waktu yang ada sangat sempit. Ternyata bayak informasi berharga yang saya peroleh terkait objek wisata menarik yang ternyata orang yang pernah ke sini pun belum tentu tahu. Barangkali orientasi kuliner sebagai list to do memang jadi ahan yang mainstream. Alhamdulillah keberadaan Tripadvisor sangat membantu, termasuk saat harus 'hilang' di Pattaya, kota yang entah saya buta terhadap situasi di dalamnya, bahkan ke sana pun entah bagaimana ceritanya.

Kini, saya sudah mencapai tingkat/level 6 atas kontribusi saya di berbagai terbitan, khususnya ulasan tentang objek wisata. Untuk menggapai level 6 ini, saya perlu menyetor 10000 poin. Tiap saya menulis ulasan sebuah tempat wisata maka akan diganjar 100 poin, termasuk juga hotel dan maskapai. Tiap saya menyumbang sebuah foto wisata akan diberi poin 30. Barangkali pengalaman akhir tahun lalu ketika harus nge-proyek di beberapa kota menjadi faktor yang sangat memengaruhi saya bisa mencapai level 6 ini secara cepat. Tak lupa jalan-jalan ke Bandung sebagai andil tersendiri.



Kalau ditanya apa manfaat yang saya peroleh, hmmm, susah juga dijawabnya. Terus terang target saya sekedar berbagi cerita, tidak ada motif keuntungan finansial apapun. Bahkan hingga saat ini pun saya tidak mendapat satu rupiah pun atas semua tulisan yang pernah saya buat. Selain menulis, sebetulnya saya berharap pengelola objek wisata bisa 'mendengar' masukan yang saya sampaikan di tulisan-tulisan saya pada Tripadvisor. Namun, harapan saya yang satu ini tidak bisa muluk-muluk karena pengaruh tulisan di media digital terhadap perbaikan objek wisatanya betul terbukti, tentunya kecuali ada tulisan yang bombastis di media sosial.

Oh ya, ada juga kebanggaan tersendiri ketika apa yang saya tuliskan ternyata masih jarang diulas, bahkan belum pernah ada. Misalnya ulasan tentang Teras Cihampelas yang menjadi inisiator. Walau proses terbitnya lama, saya rasa itu masih wajar. Toh, verifikasi/pemeriksaan validitas objek wisata yang belum ada di basis data si Tripadvisor memang perlu waktu.

Sekarang, saya mulai penasaran dengan media menulis lainnya
Oke...coba jelajahi Wikipedia yukk

No Response to "Tingkat 6, lalu..."