This Season will be Ended

Musim alias semester ini sebentar lagi usai. Sudah 3 kelas memasuki akhir sesi tatap muka dari total 5 kelas. Memang untuk kelas PSSI masih ada tugas online, tapi sebagaimana label yang saya singgung sebelumnya, sesi tatap muka sudah usai. Banyak pelajaran yang saya nikmati s.d. akhir perkuliahan ini. Dua yang paling utama, yaitu manajemen kebijaksanaan dan manajemen waktu.

Manajemen kebijaksanaan terkait banyaknya hal-hal di luar perkiraan, bisa dibilang masalah. Kenapa masalah, karena realitas berbeda ekspektasi, ini definisi menurut pak Riri Satria. Mulai dari mahasiswa kena musibah, mahasiswa studinya krisis, hingga mahasiswa berulah malas. Semuanya menuntut penyelesaian yang cepat namun matang. Saya berupaya menyikapi setiap masalah dari kacamata yang luas, dalam artian saya melihat sebab, kronologis, hingga dampak atas segala kemungkinan yang terjadi dari masalah tersebut. Kalau bahasa asingnya, 'case by case' alias dilihat per kasus, tidak bisa dipukul rata. Walau demikian, saya harus dan insyaAllah tetap menjaga objektivitas dari setiap penanganan yang saya ambil dan mematuhi regulasi institusi yang berlaku.

Kedua, terkait manajeme waktu. Dari tiga mata kuliah yang saya ampu, banyak tugas yang bertebaran. Hal ini berdampak pada perlunya waktu 'khusus' untuk meninjau dan memberi skor atas tugas yang saya berikan. Tentu tidak mudah karena saya perlu mempertimbangkan sejauh mana mahasiswa bisa membuktikan kesungguhan dan pemahaman atas materi yang diberikan dan diujikan terkait tugas tersebut. Dan tak lupa pula saya perlu membandingkan kelayakan skor yang diberikan kepada sebuah kelompok/individu tertentu dengan kelompok/individu lainnya. Tujuannya agar objektivitas dan keadilan terjaga.

Harus diakui, sebagai kali kedua, semester ini saya mulai menemukan ritme dan trik dalam megelola waktu. Semoga ini bermanfaat untuk 'petualangan' di semester depan. Hmm, entah apakah memang semester depan saya masih diberi kesempata mengajar lagi atau tidak.

No Response to "This Season will be Ended"