Review of SPIS 11th Session

Mendekati laga-laga penghujung musim ini, sesi kesebelas mengulas tentang proses analisis kesenjangan dan penyusunan peta jalan. Khusus sesi ini yang dibahas tidak secara menyeluruh, yaitu dari aspek tren bisnis dan SI/TI masa mendatang serta aspek tata kelola TI. InsyaAllah di pertemuan berikutnya mulai cadas menjelajahi aspek aplikasi SI, infrastruktur TI, serta sumber daya TI.


Nah, di bagian awal sesi lebih banyak dilakukan 'pemanasan' mengenai dinamisnya bisnis di dalam era sehari-hari. Mulai dari roda nasib transportasi yang ini digusur yang itu sekarang tergerus yang lain. Pada akhirnya kita sulit menyangkal bahwa SI/TI kini menjadi pemicu perkembangan bisnis yang semakin berevolusi. Karena itulah jargon e-business ataupun digital business bukan lagi kosakata yang tabu.



Bagian pertengah sesi ini banyak mengupas tentang bagaimana membangun tata kelola yang baik di sebuah organisasi. Tidak ada formula yang eksakta karena ekosistem organisasi tentu sangat beragam. Secara umum, kuncinya terletak pada pemahaman apa yang jadi kebutuhan. Secara tren, memang banyak organisasi membentuk IT steering committee alias komite pengarah TI. Tapi jika organisasi belum mengalami permasalahan pelik, terutama karena ukuran organisasi masih kecil maka kecil kemungkinan IT steering committee efisien. Tak lupa perlu dikaji ada apa saja regulasi yang sudah tersedia di organisasi tersebut, serta seberapa tingkat kepatuhan atau terlaksananya. Ini yang menjadi modal untuk menentukan regulasi apa saja yang diperlukan, baik regulasi yang sama sekali baru ataupun revisi atas yang sudah ada.


No Response to "Review of SPIS 11th Session"