Sistem Informasi =/= Aplikasi

Salah kaprah dalam memahami era digital seringkali kita temui. Termasuk diantaranya adalah definisi atau batasan 'sistem informasi'. Kerap dengan gampangnya, sistem informasi 'dianggap' sama dengan aplikasi. Kalau mengadopsi simbol matematis, maka Sistem Informasi = Aplikasi. Begitulah yang terjadi saya hingga memasuki dunia kerja. Anggapan, lebih tepatnya kekeliruan ini, jamak terjadi karena beberapa hal, baik yang disengaja maupun kurang disengaja. Padahal secara teoretis keduanya berbeda sebagai dua definisi berikut.


  • IS is a set of interrelated people, data, processes, and information technology to collects, processes, stores, and provides neccessary information of output to support an organization (Whitten et al, 2007)
  • An IS collects, processes, stores, analyzes, and disseminates information for a specific purpose. Its basic components are hardware, software, database,network, procedures, and people (Turban, McLean, Wetherbe; 2004)


Sebab yang paling jamak adalah banyaknya aplikasi yang diberi awalan 'Sistem Informasi'. Sebagai contoh, salah satu aplikasi akademik di Universitas Indonesia dinamai Sistem Informasi Akademik Next Generation alias SIAK-NG. Terpampang jelas frase 'sistem informasi' di situ. Di lingkungan pun hal ini lumrah terjadi dimana banyak aplikasi bertebaran mengusung frase serupa ataupun disingkat 'SI'. Sebab yang melanda ekosistem akademik adalah jarang dilakukannya koreksi oleh dosen ataupun reka sesama peserta didik. Apa iya perlu dimunculkan sebagai soal di tiap kuis dan ujian. Sebab lain yang menjadi pemicu adalah peran aplikasi sebagai sentral ataupun objek inti dari berlangsungnya sistem informasi yang menerapkan proses terotomatisasi.

Menengok dua definisi yang sudah disinggung di awal, tentunya sistem informasi punya ruang lingkup berbeda dengan aplikasi. Bisa dibilang, aplikasi hanyalah salah satu dari komponen sistem informasi. Karena itulah, jika memang apa yang dimaksud hanya aplikasinya dan ini bukan merk, maka akan lebih bagus jika yang digunakan adalah 'aplikasi sistem informasi'.

No Response to "Sistem Informasi =/= Aplikasi"