Review of SPIS 3rd Session

Ulasan semakin asyik lantaran stabilitas kuliah mulai terbangun. Kawan-kawan mahasiswa mulai memahami apa yang selama ini diperbincangkan dalam kuliah PSSI ini. Dan kali ini perbincangan beranjak ke topik Ruang Lingkup PSSI. Penyakit lama sebetulnya masih timbul di sini, yaitu kawan-kawan mahasiswa belum membaca secara detail wujud dokumen PSSI itu seperti apa. Agaknya mereka terlalu sibuk sehingga tidak sempat. Tidak masalah, hal tersebut menjadi PR pasca-UTS. Yang menjadi fokus saat ini adalah mengenalkan ekosistem di organisasi yang akan mengisi 'daftar menu' saat melahap dokumen PSSI-nya. Jargon yang langka disebut sebelumnya seperti tata kelola TI, infrastruktur TI, serta arsitektur TI menjadi target di pertemuan ini.

Bicara tata kelola relatif sulit. Alasannya sederhana, ini adalah terminologi manajemen, bahkan dengan ditempelkan 'teknologi informasi' menjadi 'Tata Kelola TI' pun tidak otomatis membuat para manusia TI/informatika memahaminya. Perlu sejumlah ilustrasi dan analogi untuk membumikan istilah ini. Memang ada definisi teoretis dari sejumlah pakar, namun sifatnya agak 'njelimet' bagi mahasiswa yang pengalaman kerjanya sebatas kerja praktik. Alhamdulillah sebelum pertemuan sempat mengumpulkan beberapa gagasan ilustrasi sebagai studi kasus. Untuk bahasan tata kelola ini, sesi ini fokus untuk menjelaskan bagaimana dokumen PSSI memuat struktur unit SI/TI yang diharapkan ke depannya. Ada pula sedikit menyinggung kebijakan TI yang diperlukan di organisasi tersebut, tapi hanya disinggung secuil karena ulasan kebijakan TI bakal dibahas pertemuan kelima.




Ulasan kedua, yaitu infrastruktur menjadi hal yang tidak kalah menarik. Alasannya simpel, infrastruktur TI merupakan barang yang sering dipakai oleh mahasiswa IF tapi mereka sendiri kurang memahami definisi dan hakikatnya. Saya perlu menjelaskan konsep infrastruktur itu seperti apa. Alhamdulillah bekal analogi manusia-rumah-tanah dari perkuliahan Pak Bob Hardian banyak membantu di sini. Sedikit demi sedikit, pembahasan bergeser pada konsep infrastruktur dalam konteks TI, termasuk pula fenomena-fenomena, cenderung permasalahan klasik, pemanfaatan infrastruktur yang rumit di dalam organisasi.



Ulasan terakhir dari pertemuan ini adalah arsitektur TI. Diskusi untuk ulasan ini diawali tentang maksud dari arsitektur sebagai model/ilustrasi dari sebuah ekosistem. Kemudian, dilanjutkan membahas jenis-jenis arsitektur dalam konsep enterprise, yaitu arsitektur bisnis, arsitektur sistem informasi, dan arsitektur teknologi informasi. Alhamdulillah bekal proyek RITI di KESDM kemarin membantu saya dalam menjelaskan manfaat penggambaran arsitektur ini walau dengan tayangan contoh yang berbeda.



Di pekan berikutnya kami beranjak ke pertemuan keempat tentang Menangkap Ekosistem Bisnis pada Organisasi.

No Response to "Review of SPIS 3rd Session"