SPIS this Semester

Kejutan di awal tahun syamsiyah ini adalah kesempatan berbagi ilmu tentang Perencanaan Strategis Sistem Informasi di prodi S1 Teknik Informatika. Persis kesempatan ini hadir di pinggir waktu registrasi. Allah punya rencana unik yang memang penuh kejutan dan ujung-ujungnya 'menagih' seberapa kita ber-khusnudzon atas skenario-Nya yang penuh misteri.

Dulu saya diajar oleh bu Shaufiah feat pak Erda Guslinar saat S1, kalau tidak salah di tahun 2011. Sempat pula menerapkannya dalam proyek magang plus SNATI bareng bu Angelina Prima Kurniari. Saat 2014 dimana jenjang S2 mengembleng saya, pak Zainal Arifin Hasibuan lah yang mendorong say amengkiritisi konsep ini dibantu mas Imam Maliki dan mas Faris. Alhamdulillah teoritis di kuliah diganjar kesempatan mempraktikkan secara detail di dunia kerja saat proyek bareng Pak Yudho Giri Sucahyo. Semoga bekal tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik



Semester ini tidaklah mudah karena saya tidak sekedar 'ngomong' di kelas. Saya juga musti menyiapkan materi dengan berbagai referensi akademik. Jelas hal yang sulit dengan keterbatasan waktu serta amanat baru 'menemani tesis istri' hehee, tapi optimislah bahwa ada kemudahan di balik kesulitan. Target saya dalam mengajar mata kuliah ini sederhana, yaitu menyampaikannya dengan bahasa yang 'membumi'. Ini bukan target yang mudah karena PSSI merupakan mata kuliah yang tidak begitu kental unsur informatikanya, bahkan agak berbau manajemen. Bagi anak prodi Sistem Informasi, tantangan ini mungkin relatif ringan tapi tidak dengan mahasiswa Informatika/Ilmu Komputer. Apalagi jika mahasiswanya lebih akrab dengan istilah agregasi, VoIP, RAID, NDFA, algoritma ini itu hehee.

Bismillah

No Response to "SPIS this Semester"