Deterministic Finale Alhamdulillah

TBA, eh ini apa ya
Kalimat itu terlintas di benak saya pada medio Agustus tahun ini. Plotting atau distribusi dosen menempatkan saya sebagai salah seorang pengajar mata kuliah Teori Bahasa dan Automata. Mata kuliah yang bisa dibilang 'muka baru stok lama' hehee. Sebelumnya, mata kuliah ini memiliki label Teori Komputasi. Mengenai alasan penggantian nama, bisa dikonfirmasi langsung ke tim kurikulum dari FIF.

Kembali ke 'keterkejutan' saya. Terus terang ada perasaan bimbang mengingat saya sudah lama tidak 'mangkal' di urusan komputasi sejak lulus jenjang S1. Kebetulan juga aktivitas kuliah S2 dan kerja lebih banyak menceburkan saya di blantika sistem informasi/teknologi informasi dan keamanan informasi. Tentu sulit membayangkan keternyambungan antara latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja terkini dengan apa yang akan menjadi bahan ajar satu semester ke depan. Namun, setelah dengan berbagai pertimbangan, tidak ada alasan untuk tidak optimis. Alhamdulillah di sela-sela waktu yang saya sisihkan, Allah mengizinkan saya menyerap ilmu. Memang benar, Allah merupakan Maha Kuasa. Bekal waktu yang sempit bisa menjadi modal yang berharga untuk mengajak para mahasiswa IF-38-03 dan IF-38-06 belajar bareng TBA.

Banyak kejadian unik, baik yang menyenangkan, garing, maupun pilu, terjadi selama keberlangsungan kuliah ini. Jika ditanya, lebih susah mana jadi mahasiswa atau dosen, itu sama saja menanyakan lebih enak tongsen sapi atau soto sedap malam. Kebetulan saya pernah, dan insyaAllah sedang, di dua posisi tersebut dan keduanya punya tantangan tersendiri. Namun, bekal sebagai alumni S1 di IT Telkom serta alumni S-2 yang baru keluar dari oven banyak memberi pengaruh positif. Saya merasa medan yang saya hadapi masih ada kesamaan kultur dengan ekosistem saat kuliah dulu, walau tidak 100 persen tentunya.


Kelas IF-38-03


Kelas IF-38-06

No Response to "Deterministic Finale Alhamdulillah"