Tentang Mereka di Stasiun Purwakarta

Terus terang pemandangan di area Stasiun Purwakarta ini memantik perhatian saya. Saya yakin tidak hanya saya, setidaknya jika istri saya menenteng kamera digitalnya di sini maka dia akan melahap sekian waktu untuk mendokumentasikan bongkahan-bongkahan tersebut. Dan saya yakin istri saya akan protes karena kenyataannya pengunjung stasiun dilarang mendekati lokasi tersebut.

Berbagai bongkahan kereta di sini, menurut saya,terlalu sayang jika hanya digeletakkan begitu saya seperti ini. Memang mereka sudah tidak lagi laik untuk beroperasi. Namun ketidaklaikan itu jika berurusan dengan rel kereta api. Bagaimana dari sisi edukasi dan histori? Akan lebih bermanfaat jika mereka ditata ke dalam lingkungan berwujud museum.

Dengan merelokasi mereka ke dalam lingkungan museum, kita akan !enikmatk galeri yang sangat nyata tentang kiprah perkeretaapian sebagai salah sati transportasi massal paling populer Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera. Malah, frngan mengolahnya secara "cantik" akan bermuara pada pemasukan masa depan bagi PT KAI.

No Response to "Tentang Mereka di Stasiun Purwakarta"