mau dibawa ke mana S2 ini? ---parte 1--

S2 atau magister...
Tak bisa aku pungkiri menjadi salah satu targetku ke depannya (baca postingan "Next Target(s)", kapan? Wallahualam... ada dua tipe umum dalam memilih kapan ber-S2 dan di bidang apa S2 nya.

Pertama adalah langsung melanjutkan ke S2 pasca-lulus dari S1 dengan atau tanpa kerja sambilan sehingga orientasi profesi utamanya nanti menyesuaikan bidang S2-nya
Kedua adalah kerja dulu dan melihat apa yang menjadi kebutuhan tempat dia kerja (saat itu maupun korporasi yang menjadi target berikutnya) sehingga bidang S2 menyesuaikan korporasinya
Well, sebenarnya masih ada jug apattern yg unik yaitu mengambil S2 tanpa tuntutan jenjang karier maupun requirement keprofesian lainnya, justru S2 benar-benar menjadi pure target untuk menggali ilmu sehingga bisa kuliah tanpa beban IPK

Dan ada beberapa perguruan tinggi yang menjadi target saya untuk S2, berikut sekilas profilnya (per 28 Januari 2011) untuk lingkup Domestik (karena jujur ada hasrat untuk kuliah di luar negeri juga sih..khususnya di ranah Timur Tengah, Eropa Timur, dan Eropa Utara, nanti saya ulas di postingan berikutnya)

  • Magister Ilmu Komputer FMIPA Universitas Gadjah Mada, Sleman, DI Yogyakarta
Program Magister Ilmu Komputer dengan 3 bidang minat (masing-masing 42 SKS=9 SKS MK wajib prodi, 6 SKS thesis, 5 MK wajib minat dan 12 SKS MK pilihan), yaitu :
  1. Ilmu komputer
  2. Sistem Cerdas Terapan
  3. Sains komputasional
MK wajib prodi terdiri dari Sistem Operasi, Jaringan Komputer, dan Model dan Sistem Informasi (masing-masing 3 SKS), oh ya bidang minat tersebut dipilih sejak masuk.

Untuk MK wajib minat bidang Ilkom terdiri dari Analyze Algorthm, Theory of Computation, Software Designing, dan Criptography. Sedangkan untuk SCT adalah Artifcial Intelligence and Modes of Thought, Expert System, Computer Reasoning, Artificial Neural Network, dan Cryptic Logic. Dan untuk SisKom adalah Symbolic Computation, Applied Wavelet, Modelling and Simulation, Research of Operation, dan Numeric Method and Analyzing.

Dengan SPP 6jt per semester, tersedia pula MK pilihan berikut :Database Management System, Information Technology, Statistic Data Processing, Interactive Graphics and Animation, Digital Image Processing, Numeric Analyze, Decision Support System, Microprocessor System and Programming, Parallel Processing, Neuro Fuzzy System, Object Oriented System Designing, Interoperability, Web Engineering, Electronic System Management Scientific, Geographic Information System (weww asyik nih), Genetics Algorithm, Network Security, User Interface Designing, Multitier System, Group Intelligence.
sumber : http://mkom.ugm.ac.id/web/?q=content/program-s2-ilmu-komputer

  • Magister Teknik Informatika FPS Institut Teknologi Telkom, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Magister Teknik Informatika berorientasi pada tiga konsentrasi (disebut juga KK) yaitu media informatics, software engineering dan data mining.
  1. Media Informatics adalah program yang mencakup aspek perancangan, implementasi dan analisis sistem terdistribusi (ubiquitous information) serta sistem komputasi. Dalam hal ini terjadi penggabungan antara pengetahuan tentang infrastructure dan content.
  2. Data mining adalah program yang mencakup analisis, praproses data, dan penerapannya dalam permasalahan nyata
  3. Software Engineering adalah program yang mencakup analisis dan prediksi kebutuhan sistem, perancangan dan pembangunan perangkat lunak yang mencakup proses representasi secara sistematik, pengembangan, produksi, menguji (verifikasi dan validasi) dan pemeliharaan perangkat lunak yang dibangun menggunakan beberapa framework.

Masing-masing harus ditempuh dengan 38 SKS dengan dua metode kuliah, yaitu reguler (3 semester tatap muka langsung kisaran Senin s.d. Jumat di Kampus ITT) xatau ekxclusive (3 semester, 2/3 perkuliahan tatap muka langsung kisaran Jumat s.d. Sabtu, sisanya video conference alias remote course Senin s.d. Kamis)

Untuk MK wajib prodinya adalah Modelling and Optimization, Formal Method, Intelligent Systems, Information Theory, Algorithm and Complexicity, Research Methodology, Project, Prethesis and Seminar, Business and Mangement, dan Thesis.

Untuk KK MI MK wajib adalah Advance Networking, Multimedia System and Standards, Web Standards and Technology serta memilih Ecetive Course diantara Network Mangement and Analysist, Mobile Computing, Distributed Systems, Internet Service and Applications, dan Information Systems Security. Nah bagi SE terdapat Advance Software Engineering, Software Quality, Software Architecture and Process beserta Elective Course diantara Collaboration System, Component Based Software Development,Embedded Software, dan Web Engineering. Teruntuk DM tersedia Introduction to Data Mining, Advance Data Mining, Applied Data Mining plus memilih dari Elective Course berikut : Advance Data Classification, Web and Text Mining and Retrieval, Data Preparation.
sumber : http://www.ittelkom.ac.id/graduate/pertama/informasi/8

  • Magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia

Secara umum kurikulum program MTI terdiri dari

  1. IT Core berisi kompetensi dan keahlian pada semester 1 dan 2 dengan MK berikut : Information System Designing, Software Engineering Process and Management, Computer Network dan Dta Communication, Database System Technology, Information System Strategic Planning, Research Methodology, Information Technology Infrastructure Planning, dan Corporate Information Management.
  2. System Integration and Career Tracks, berupa pemfokusan terhadap bidang karir, yaitu diantara Software Engineering, Enterprise, Governance, dan Information Management. MK pada tiap fokus ada yang sama yaitu Change Management and IT Project, serta berbeda-beda . Pada SE terdapat Software Design, Software Quality Assurance, Entrepreneurial business of Software. Pada Enterprise terdapat e-government, e-business, Risk Management. Pada Governance terdapat IT Governance, IT Investation Mangement, dan Risk Mangement. Dan bagi IM terdapat Knowledge Management, Data Mining and Business Intelligent, dan Multimedia Information Management. Dan semua itu diakhiri karya akhir atau Thesis.
sumber :http://mti.cs.ui.ac.id/indonesia/index.php?mod=content&type=curriculum
  • Magister Sistem Informasi STEI Institut Teknologi Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Merupakan rival kampus saya saat ini, tentunya dalam artian positif, upaya untuk membuktikan siapa yg lebih baik tampaknya akan terus berlangsung sepanjang hayat kedua kampus ini masih ada. Saat ini saya masih mengumpulkan informasi mengenai apa saja konten di S2 SI STEI ITB ini.

Sebenarnya amsih ada beberapa targetan lain, diantaranya MM UGM. Yeah sebenarnya kalo ditanya apakah kapok kuliah di persilatan komputer? Jujur ada rasa itu, rasa yang menyiksaku dimana mengulang hingga 34 SKS (tapi ga semua ngulang karena jurang DE). Namun entah mengapa aku makin menyayangi keilmuan ini.

Wallahualam...semoga Allah memberikan yang terbaik dan semoga aku kuat dalam memanfaatkan rezekiMu




No Response to "mau dibawa ke mana S2 ini? ---parte 1--"